Friday, July 3, 2015

Belajar Akuntansi Jasa secara praktis dan tepat

Manusia dilahirkan sebagai mahluk ekonomi, yaitu mahluk yang tidak terlepas dari berbagai kebutuhan ekonomi mulai dari kebutuhan primer hingga kebutuhan tertier, selain itu manusia juga dituntut untuk melakukan berbagai usaha untuk memenuhi kebutuhannya dengan menggunakan prinsip ekonomi. Salah satu bentuk usaha yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya adalah dengan melakukan pelayanan berbagai jasa atau service tertentu kepada pihak yang membutuhkan, sebut saja usaha salon kecantikan wanita, usaha bengkel sepeda motor, usaha pangkas rambut pria dan jasa travel dan berbagai usaha jasa lainnya. Untuk dapat melakukan usaha dengan baik dan benar maka dalam pengelolaan usaha tersebut sebaiknya memperhatikan pembukuan yang benar, untuk dapat melakukan pembukuan dengan benar maka ilmu akuntansi perlu dipahami, karena yang sedang kita bicarakan adalah perusahaan jasa maka dalam hal ini kita harus belajar akuntansi jasa.

Apakah pengertian dari akuntansi Jasa? Akuntansi jasa atau lebih lengkapnya akuntansi perusahaan jasa, dapat dimaknai secara sederhana sebagai proses akuntansi yang digunakan dalam usaha jasa. Yang dimaksud usaha jasa disini yaitu suatau bentuk usaha yang dilakukan dengan cara memberikan pelayanan jasa kepada konsumennya. Jadi yang menjadi fokus dalam usaha jasa adalah pemberian jasa kepada konsumennya, tidak ada proses jual beli barang apalagi pengolahan barang

Suatu perusahaan jasa membutuhkan laporan keuangan dan informasi keuangan perusahaannya, sehingga perusahaan jasa harus melakukan proses akuntansi dengan benar dan akurat. Dengan melakukan proses akuntansi dengan baik maka akan dihasilkan laporan keuangan perusahaan jasa yang dapat dipertanggung jawabkan dan akurat. Dengan adanya laporan keuangan yang telah dihasilkan perusahaan tersebut maka memungkinkan para pemegang kepentingan perusahaan tersebut untuk mengetahui gambaran kinerja perusahaan selama periode tertentu, dapat melakukan berbagai analisis kebijakan yang tepat untuk dilakukan pada periode mendatang dan sebagainya.

Menyadari bahwa akuntansi itu penting maka disarankan bagi para pelajar dan mahasiswa yang sedang menekuni ilmu akuntansi agar mempelajarinya dengan sungguh-sungguh dan tak lupa bagi para pelaku usaha disarankan untuk dapat menerapkan akuntansi jasa dengan benar sesuai prosedur

Untuk saudara yang berminat belajar akuntansi jasa dengan lengkap yang dibahas secara penalaran sederhana maka saudara dapat menjadikan situs belajarakuntansijasa.blogspot.com sebagai salah satu referensi dalam belajar akuntansi jasa. Dalam situs tersebut disajaikan secara terperinci tentang proses akuntansi yang diterapkan dalam perusahaan jasa mulai dari dari pemahaman jenis-jenis transaksi keuangan yang sering terjadi dalam perusahaan jasa, pengenalan berbagai bukti transaksi, prosedur analisa bukti transaksi, cara membuat jurnal umum hingga pada tahap pembuatan laporan keuangan perusahaan jasa.

No comments:

Post a Comment