Friday, July 3, 2015

Belajar Akuntansi Perusahaan dagang dengan banar dan sederhana

Dalam dunia bisnis banyak sekali usaha-usaha yang dilakukan manusia untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan. Usaha yang dilakukan manusia diantaranya adalah dengan melakukan perdagangan. Untuk dapat melakukan perdagangan dengan baik maka salah satu faktornya adalah pembuatan pembukuan yang sistematis dan akurat, oleh karena itu dirasa perlu untuk mempelajari dan memahami akuntansi dagang.

Apakah akuntansi dagang itu? akuntansi dagang atau lebih tepatnya akuntansi perusahaan dagang, merupakan proses akuntansi yang diterapkan dalam usaha perdagangan. Yang dimaksud perdagangan disini adalah usaha untuk memperoleh untung dengan jalan membeli barang dan menjualnya kembali kepada konsumen tanpa melalui suatu pengolahan apapun. Jadi pada dasarnya perusahaan dagang hanya fokus pada pembelian barang dan penjualan barang

Untuk dapat memanage perusahaan dalam mencapai tujuannya yaitu memperoleh laba yang optimal, maka diperlukan catatan atas segala transaksi perusahaan dagang yang terjadi hingga dihasilkan laporan keuangan perusahaan dagang. Melalui laporan keuangan tersebut maka pemegang kepentingan dalam perusahaan dapat mengetahui kinerja perusahaan, dapat menganalisis kebijakan yang tepat untuk diterapkan dan sebagainya.

Mengingat begitu pentingnya pemahaman Akuntansi khususnya akuntansi dagang, maka disarankan bagi para pelajar dan mahasiswa dapat belajar akuntansi dagang dengan benar, bagi para pelaku usaha disarankan untuk selalu berusaha menerapkan akuntansi yang tepat dan sesuai dengan usahanya

Bagi anda yang ingin memahami akuntansi dagang mulai dari awal hingga pada proses pembuatan laporan keuangan dan persiapan tutup buku, maka anda dapat mengunjungi situs akuntansidagang.blogspot.com. Melalui situs tersebut anda akan menemukan berbagai materi-materi yang membahas tentang akuntansi perusahaan dagang, mulai dari pemahaman jenis-jenis transaksi, mengenal bukti transaksi, cara pencatatan dalam jurnal khusus, pempostingan buku besar, pembuatan kertas kerja dan jurnal penyesuaian, pembuatan laporan perusahaan dagang hingga pada pembuatan neraca salo penutup, jurnal penutup dan pembuatan jurnal pembalik.

No comments:

Post a Comment