Friday, July 3, 2015

Mengenal Laporan Keuangan Perusahaan Jasa dengan tepat

Setiap perusahaan pasti selalu membuat laporan keuangan, entah itu perusahaan jasa maupun manufaktur ataupun perusahaan dagang. Mengepa demikian? Apakah yang terjadi jika perusahaan tidak membuat laporan keuangan? Laporan Keuangan Perusahaan Jasa dibuat oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa, bagi perusahaan laporan memiliki arti penting karena bagi suatu perusahaan, laporan keuangan menjadi sebuah dasar dalam penentuan dan melakukan penilaian posisi keuangan perusahaan tersebut. Informasi keuangan yang tertulis dalam laporan keuangan, sangat bermanfaat berguna untuk berbagai pihak yang memiliki kepentingan dalam proses pengambilan keputusan.

Apakah khakikat laporan keuangan? Pada khakikatnya sebuah Laporan keuangan merupakan hasil suatu proses akuntansi berguna sebagai suatu alat komunikasi antara pihak-pihak berkepentingan dengan aktivitas atau data keuangan suatu perusahaan itu.

Laporan keuangan lazimnya memiliki 3 buah jenis yaitu neraca, laporan perubahan modal dan laporan laba-rugi, dan laporan perubahan modal. Laporan laba-rugi melaporkan berbagai penghasilan yang telah dapat di peroleh perusahaan dan melaporkan berbagai beban yang telah terjadi dalam periode tertentu. Neraca adalah jenis laporan keuangan yang melaporkan Saldo dari seluruh Harta yang dimiliki perusahaan serta melaporkan segala modal dan hutang yang dimiliki perusahaan pada periode tertentu. Laporan perubahan modal yaitu jenis laporan keuangan yang melaporkan sumber dari modal perusahaan dan melaporkan penggunaan modal perusahaan. Selain ketiga jenis laporan keuangan di atas dalam praktik dunia bisnis sering juga dijumpai jenis laporan lainnya yang berfungsi sebagai pelengkap, diantaranya adalah laporan arus kas.

No comments:

Post a Comment